Jawa Barat

BOR Khusus Covid Terus Menipis, Begini Skenario Pemkot Bandung 

BANDUNG, iNews.id – Rasio keterisian tempat tidur (BOR) di Kota Bandung tercatat terus menipis. Terakhir, BOR gabungan seluruh rumah sakit terhadap ruang perawatan khusus Covid-19 telah mencapai 92 persen.

Kendati begitu, Pemkot Bandung sebelumnya telah menambah rasio konversi ruang khusus Covid sebesar 36 persen atau menjadi sekitar 1.900 unit. Kendati begitu, Wali Kota Bandung Oded M Danial mengaku akan membuat skenario terbaik agar Kota Bandung dapat melayani pasien Covid-19. Mulai dari yang bergejala sedang hingga berat. 

Jika keterisian tempat tidur di RS mengalami peningkatan terus, maka akan ditambah hingga 50-60 persen dari total tempat tidur di RS terkait.

“Namun apabila kondisi memburuk dan masih terjadi kekurangan tempat tidur, maka kita (Pemkot Bandung) akan segera berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk dapat menyediakan RS Darurat dalam penanganan pasien Covid-19 di Kota Bandung,” ujar Oded, Selasa (22/6/2021).

Oded mengungkapkan, selain terkait BOR, Gubernur Jawa Barat juga memberikan atensinya kepada Pemkot Bandung untuk melakukan pengawasan terhadap Perwal penanganan Covid-19 terbaru yakni Perwal No 61 tahun 2021.

“Pak Gubernur juga menitipkan agar pengawasan terhadap Perwal yang kita keluarkan secara khusus. Salah satunya terkait kebijakan ‘take away’ bagi pelaku usaha kuliner di Kota Bandung untuk ditingkatkan,” katanya.

Dia menjelaskan, kebijakan take away ini tertuang pada Perwal No 61 tahun 2021 Pasal 14 ayat (5) yang berbunyi bahwa kegiatan di restoran, rumah makan di kafe dibatasi hanya untuk layanan dibawa pulang secara langsung (take away) dan tidak diperkenankan untuk makan di tempat (dine in).

“Kami meminta pengertian kepada para pelaku usaha di bidang kuliner ini untuk dapat melaksanakan kegiatannya sesuai dengan peraturan yang kami buat. Karena mengingat kasus Covid-19 di Kota Bandung masih bertambah. Kini kita semua masih dalam status siaga satu,” ucap dia. 

Editor : Asep Supiandi

Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
HUMAS BPD PHRI JABAR We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications