BeritaJawa Barat

Ada Kabar BPOM Setujui Vaksin Covid-19 untuk Remaja 12-17 Tahun, Akan Gunakan Sinovac?

TRIBUNJABAR.ID – Jumlah kasus Covid-19 terus melonjak di tengah pandemi Covid-19 di Indonesia.

Kini beredar kabar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menyetujui vaksin Covid-19 untuk vaksinasi kepada remaja dengan rentang usia 12-17 tahun.

Dilansir dari Kontan.co.id, vaksinasi untuk remaja usia 12-17 tahun itu disebut-sebut akan menggunakan vaksin dari Sinovac yang diproduksi oleh Bio Farma Bandung.

Kabar akan adanya Vaksin corona untuk remaja 12-17 tahun ini diantaranya berasal dari postingan di akun instagram @drningz.

Pada postinganya, akun @drningz ini menuliskan, “Vaksin pada remaja usia 12-17 tahun dalam waktu dekat akan dimulai menggunakan vaksin Sinovac, berdasarkan rekomendasi izin dari BPOM. Mari kita dukung percepatan dan perluasan cakupan vaksin untuk membantu pengendalian pandemi. Untuk anak-anak usia di bawah 12 tahun sementara ini belum diizinkan. Ditunggu saja rekomendasi berdasarkan kajian berikutnya karena data dan ilmu pengetahuan akan selalu update dan berkembang,” tulis postingannya Minggu (27/6/2021).

Saat dikonfirmasi, pemilik atau pengelola akun ini enggan memberikan penjelasan mengenai surat BPOM tersebut.

Baca juga: Vaksinasi Massal Polresta Cirebon Jadi Peringkat Kedua Terbanyak di Jawa Barat

“Besok (hari ini Senin 28 Juni 2020) akan ada pernyataan resmi dari BPOM,” katanya menjawab pesan dari KONTAN melalui akun instagram.

Kepala BPOM Penny K. Lukito, maupun juru bicara Vaksinasi BPOM Lucia Rizka Andalusia pun belum emmberikan tanggapan untuk memastikan soal kabar persetujuan edar vaksin corona untuk remaja 12-17 tahun.

Dalam surat beredar tersebut, tercantum surat dengan kop Surat BPOM yang berisi mengenai izin penggunaan vaksin corona untuk remaja 12-17 tahun ini tertuang di surat nomor RG.01.02.322.06.21.00169/T.

Surat BPOM ini Perihal Hasil Evaluasi Khasiat dan Keamanan Komite Nasional Penilai Obat, tertanggal 27 Juni 2021, yang ditujukan kepada PT Bio Farma sebagai produsen vaksin corona untuk remaja 12-17 tahun.

Baca juga: 7.000 Warga Karawang Ikuti Vaksin Massal, Vaksinasi Tahap Dua Akan Dilakukan 3 Minggu Lagi

Berikut nukilan surat BPOM yang beredar:

Kepada PT. BIO FARMA Jalan Pasteur No. 26 Bandung.

Sehubungan dengan pengajuan Saudara No. EREG10040912100159, untuk registrasi obat tersebut di bawah ini:

Nama obat : Vaksin Covid-19
Zat Aktif : Tiap Dosis mengandung inactivated Sars-Cov3 virus 3 mcg
Bentuk Sediaan : Suspensi Injeksi
Kemasan: Dus, 10 vial 5 ml (10 dosis)
Nama Produsen: BIO FARMA BANDUNG
Kategori Registrasi : Registrasi produk biologi yang sudah terdaftar dengan indikasi dan posologi baru

Mempertimbangkan hasil penilaian dan pembahasan pada Rapat Komite Nasional Penilai Khusus Vaksin Covid-19 pada tanggal 26 Juni 2021 untuk pengajuan penggunaan vaksin Covid-19 pada anak usia 3-17 tahun, disimpulkan sebagai berikut:

Satu, merekomendasikan untuk menerima penggunaan Vaksin Covid-1 pada anak usia 12-17 tahun dengan dosis 600 Su 05 ml (medium dose) berdasarkan pertimbangan:

  • Pertama, Profil imunogensitas dan keamanan pada dosis medium (600 SU/06 mL) lebih baik dibanding dengan dosis rendah (300 Su/0.5 mL).
  • Kedua, dari data keamanan uji klinik fase I dan Fase 1, profil AE sistemik berupa berupa fever pada populasi 12-17 tahun tidak dilaporkan dibandingkan dengan usia 3-5 tahun dan 6-11 tahun.
  • Ketiga, jumlah subjek pada populasi
  • Keempat imunogenitas dan keamanan pada populasi remaja usia 12-17 tahun diperkuat dengan data hasil uji klinik pada populasi dewasa karena sistem imun pada remaja sesuai dengan dewasa.
  • Kelima, data Epidmipologi Covid-19 di Indonesia menunjukkan mortalitas tinggi pada usia 10-18 tahun sebesar 30%.

Kedua, disarankan untuk melakukan uji klinik yang melibatkan jumlah subjek lebih banyak dan dilakukan secara bertahap menurut kelompok umur dimulai dari 6-11 tahun dan dilanjutkan dengan 3-5 tahun.

Baca juga: Polres Sumedang Gelar Vaksinasi Covid-19 Massal, Kapolres : Target 6.229 Orang Penerima Vaksin

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Beredar kabar BPOM sudah setujui vaksin corona untuk remaja 12-17 tahun

Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
HUMAS BPD PHRI JABAR We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications