BeritaJawa Barat

Pekan Ini 11 Daerah di Jabar Masuk Zona Merah, Termasuk Bandung Raya, Pekan Lalu Hanya 2 Daerah

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Sebelas kabupaten dan kota di Jawa Barat kini berstatus zona merah atau menjadi kawasan berisiko tinggi penyebaran Covid-19.

Adapun 16 kabupaten dan kota sisanya berstatus zona oranye atau risiko sedang penyebaran Covid-19.

Hal itu diketahui berdasarkan hasil evaluasi risiko kesehatan masyarakat kabupaten dan kota di Jawa Barat pada periode 21-27 Juni 2021 yang dilakukan oleh Subdivisi Data dan Kajian Epidemiologi Divisi Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Barat.

Empat dari 11 daerah berstatus zona merah tersebut adalah semua daerah di Bandung Raya, yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi.

Baca juga: Zona Merah di Jabar Bertambah Drastis dari Dua Jadi 11, Ada Kenaikan Signifikan Sepekan Terakhir

Kemudian zona merah berikutnya adalah Kabupaten Garut, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, dan Kota Depok.

Peningkatan jumlah zona merah ini terjadi secara pesat karena pada periode sebelumnya hanya Kota Bandung dan Kabupaten Bandung yang berstatus zona merah.

Laporan tersebut menyatakan terjadi kenaikan signifikan kasus positif Covid-19 periode 21-27 Juni 2021 (23.735 kasus) dibandingkan periode 14-20 Juni 2021 (15.628 kasus).

Kasus aktif (dalam perawatan/isolasi) Jawa Barat pun mengalami kenaikan signifikan dengan bertambah sebanyak 14.680 pada periode 21-27 Juni 2021.

Peningkatan angka kasus harian inilah yang menyebabkan penambahan jumlah zona merah di Jawa Barat.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Barat, Daud Achmad, mengatakan memang pada periode ini, jumlah zona merah di Jabar meningkat drastis, dari awalnya dua daerah menjadi 11 daerah.

“Ya, memang terjadi peningkatan seperti itu,” kata Daud melalui ponsel, Selasa (29/6/2021).

Daud mengatakan Satgas Penanganan Covid-19 Jabar pun akan kembali berkeliling daerah zona merah dan memonitor peningkatan kasus Covid-19 di semua daerah di Jabar untuk memastikan penanganannya berlangsung dengan baik. (*)

Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
HUMAS BPD PHRI JABAR We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications