BeritaJawa Barat

Vaksin Covid untuk Remaja Sudah Disetujui, Vaksinasi Akan Dimulai dari Dua Kabupaten Ini di Jabar

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNGKabupaten Bogor dan Kabupaten Majalengka dijadikan pilot project pemberian vaksin Covid-19 untuk remaja usia 12-18 tahun di Jawa Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Nina Susana Dewi, mengatakan hal ini untuk menindaklanjuti praturan pemerintah yang sudah merekomendasikan pemberian vaksin untuk remaja usia 12-18 tahun.

“Bahkan kini ibu hamil sudah bisa diberi vaksin, tapi dengan dosis yang berbeda,” ujar Dewi saat memantau tempat pemulihan pasien Covid-19 di Grand Asrilia Hotel, Senin (28/6/2021).

Nina mengatakan berharap pemberian vaksin kepada remaja usia 12-18 tahun di Bogor dan Majalengka itu berhasil dengan baik.

“Kalau itu hasilnya baik, Jawa Barat akan melakukan secara umum,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akhirnya menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 yang diproduksi PT Bio Farma dari ‘bulk’ vaksin Sinovac pada anak dengan rentang usia 12 hingga 17 tahun.

Persetujuan itu tertuang dalam surat BPOM kepada PT Biofarma tertanggal 27 Juni 2021.

Dalam surat tersebut, BPOM menyertakan sejumlah pertimbangan yang membuat mereka memberikan persetujuan penggunaan vaksin pada usia 12 hingga 17 tahun.

Baca juga: Jadi Salah Satu Gelaja Covid-19, Berapa Lama Anosmia atau Tidak Bisa Mencium Bau Bisa Sembuh?

“Dari data keamanan uji klinik fase I dan fase II, profil AE sistemik berupa fever pada populasi 12-17 tahun tidak dilaporkan dibandingkan dengan usia 3-5 tahun dan 6-11 tahun,” bunyi salah satu poin pertimbangan dalam surat rekomendasi yang diterima Tribun, Minggu (27/6/2021).

Dalam poin lainnya, BPOM juga menyebutkan bahwa imunogenisitas dan keamanan pada populasi remaja 12-17 tahun diperkuat dengan data hasil uji klinik pada populasi dewasa, karena maturasi sistem imun pada remaja sesuai dengan dewasa.

Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
HUMAS BPD PHRI JABAR We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications