BeritaJawa Barat

Positif Covid-19 tapi Tanpa Gejala, Jangan Panik, Ini Daftar Vitamin yang Direkomendasikan untuk OTG

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA – Selama Pandemi Covid-19 belum usai, masyarakat masih harus waspada agar tidak terpapar Covid-19.

Penerapan protokol kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh agar imunitas tetap baik menjadi pilihan.

Namun, apa yang terjadi bila kita terpapar Covid-19?

Bila terpapar Covid-19 tanpa gejala, ada baiknya melakukan terapi dengan mengkonsumsi multivitamin, jangan lupa melakukan isolasi mandiri.

Dilansir dari Kontan.co.id, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memiliki panduan lengkap bertajuk Buku Saku Protokol Tata Laksana Covid-19 edisi kedua.

Buku saku ini berisi lengkap bagi pasien virus corona atau Covid-19 dari bergejala ringan, berat sampai yang tak gejala sehingga bisa menjalani isolasi mandiri.

Buku panduan ini disusun gabungan perhimpunan dokter Indonesia yakni Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Perhimpunan Dokter Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (PERDATIN) Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Baca juga: Kakak Adik Positif Covid di Indihiang Tasik Meninggal Saat Isolasi Mandiri, Diduga Kurang Perawatan

Jika Anda terpapar corona atau Covid-19, tanpa gejala, para dokter yang tergabung dalam asosiasi di atas meminta Anda melakukan isolasi dengan tetap ada pemantauan.

Para dokter ini merekomendasi untuk isolasi di rumah selama 10 hari sejak pengambilan spesimen diagnosis konfirmasi, baik isolasi mandiri di rumah maupun di fasilitas publik yang dipersiapkan pemerintah.  Anda juga bisa meminta bantuan telemedecine petugas Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

 Pasien Covid-19 tanpa gejala juga tetap harus menggunakan masker jika keluar kamar dan saat berinteraksi dengan anggota keluarga, wajib cuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer sesering mungkin, menjaga jarak dengan keluarga (physical distancing). Lalu,  upayakan kamar tidur sendiri / terpisah.

Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
HUMAS BPD PHRI JABAR We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications