Foods

5 Tips Rebus Daging Biar Empuk Ini Gampang Dicontek


Jakarta

Untuk menghasilkan olahan daging yang empuk dan bumbunya meresap diperlukan cara memasak yang tepat. Berikut ini tips rebus daging biar empuk yang mudah dipraktikkan.

Saat perayaan Idul Adha tumpukan daging akan memenuhi freezer atau lemari es. Beberapa orang mungkin masih akan kesulitan untuk mengolah daging-daging tersebut.

Tekstur daging yang berserat dan cukup keras membuatnya memerlukan trik khusus agar hasil olahan daging menjadi empuk. Teknik perebusan yang tepat menjadi faktor penting untuk membuat daging memiliki tekstur yang empuk dan bumbunya meresap.

Mengolah daging memang tidak bisa sembarangan karena cara yang salah akan membuat daging menjadi alot dan sulit untuk dimakan. Mulai dari cara mencuci yang tepat hingga mengetahui teknik merebus daging yang benar diperlukan agar hasil olahan daging tidak alot.

Berikut ini 5 tips rebus daging biar empuk, seperti dikutip melalui berbagai sumber:

5 Tips Rebus Daging Biar Empuk Ini Gampang DicontekFoto: iStock

1. Jangan Cuci Daging

Masih banyak kerancuan terkait pro kontra mencuci daging. Beberapa orang masih mencuci daging mentah yang akan diolahnya dengan tujuan untuk memastikan daging bersih dan higienis.

Menurut Food Safety and Inspection Service U.S Department of Agriculture, mencuci daging mentah sangat tidak disarankan bahkan dilarang untuk dilakukan. Hal tersebut disebabkan karena bakteri pada daging yang masih mentah dapat menyebar ke permukaan lain seperti makanan, alat masak, permukaan meja hingga baju melalui cipratan air dari pencucian daging.

Namun untuk daging Idul Adha, kepada detikfood, chef Degan Septoadji dan chef Stefu Santoso tetap menyarankan untuk mencuci daging kurban. Pasalnya dalam proses penyembelihan hingga pendistribusian daging kurban, belum tentu semuanya higienis. Jadi disarankan untuk mencuci daging kurban di bawah air mengalir sebelum diolah.

Baca juga: Cara Masak Daging Kambing dan Sapi Agar Empuk dengan 5 Bahan Ini!



Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
HUMAS BPD PHRI JABAR We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications