BeritaJawa Barat

Libatkan Desa, Kantor Pos Garut Hampir 100 Persen Salurkan Bantuan Sosial Tunai Rp 600 Ribu

 
Laporan wartawan Tribunjabar.id, Sidqi Al Ghifari

TRIBUNJABAR.ID, GARUT – Puluhan ribu masyarakat Garut penerima bantuan sosial tunai (BST) telah mendapatkan haknya dengan menerima bantuan sebesar Rp 600 ribu.

Bantuan yang dikenal program social safety net tersebut hingga saat ini sudah disalurkan 96 persen oleh Kantor Pos Garut.

“Data sisanya belum kami distribusikan karena ada data yang tidak sesuai,” ujar Kepala Kantor Pos Garut, Andrianto, Selasa (3/8/2021).

Andrianto mengatakan penyaluran bantuan tersebut dilakukan dengan melibatkan kantor desa di seluruh Kabupaten Garut untuk mengurangi kerumunan di Kantor Pos.

“Alhamdulillah berkat bantuan semua pihak termasuk kesiapan petugas di desa, semuanya berjalan lancar,” ucapnya.

Ia menjelaskan proses pendistribusian bantuan tersebut juga melibatkan Forkopimdes dan Satgas Covid-19, ia menjamin bahwa tidak ada potongan apapun selama pencairan.

“Sehingga kami dipastikan tidak ada kutipan atau pemotongan bantuan. Jika ada temuan mengenai pemotongan atau apapun alasannya, laporkan saja pada kami,” kata Andrianto.

Data penerima manfaat BST ini menurutnya naik dua kali lipat dibandingkan dengan bulan April hingga Mei sebanyak 46.755 keluarga penerima manfaat atau sekitar Rp 27 miliar.

Ia mencatat pada bulan ini penerima manfaat mencapai 85.635 keluarga penerima manfaat atau senilai Rp 51 miliar.

“Jika masih ditemukan data ganda, kami akan kembalikan lagi ke negara,” ungkap Andrianto.

Selain pendistribusian BST pihaknya juga mendapatkan kepercayaan untuk menyalurkan beras dari pemerintah melalui perum Bulog untuk disalurkan kepada 239.821 penerima se-Kabupaten Garut atau sekitar 2.398 ton.

Kepala Kantor Pos Garut, Andrianto
Kepala Kantor Pos Garut, Andrianto (TRIBUNJABAR.ID/SIDQI AL GHIFARI)

“Untuk pendistribusian beras hingga kini sudah mendekati 50 persen, dan diupayakan segera mungkin selesai sesuai data seluruh penerima,” kata Andrianto. (*)

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Garut Kembali ke Level 4, tapi Tak Ada Penyekatan Lalu Lintas

Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
HUMAS BPD PHRI JABAR We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications