Travel

Taman Gelembung Antipolusi dari Polandia


Warsawa

Sebuah taman bermain di Warsawa, Polandia memiliki konsep anti-polusi. Taman ini dibuat membentuk gelembung dengan tujuan menyediakan oksigen untuk kota.

Dilansir detikcom, Selasa (7/9/2021) ibukota Polandia, salah satu kota berpolusi di Eropa dipilih menjadi salah satu objek untuk edisi perdana AirBubble. Tujuannya untuk menghasilkan oksigen untuk kota.

“Ada nilai yang belum dimanfaatkan dalam membawa bio-intelijen sistem alam ke kota-kota,” kata Marco Poletto, salah satu pendiri perusahaan desain perkotaan ecoLogicStudio di balik proyek tersebut, seperti yang dikutip dari AFP.

Dia menyarankan mengubah bangunan menjadi mesin hidup yang menghasilkan energi, menyimpan CO2 dan membersihkan udara. Menurut data yang dirilis oleh Badan Lingkungan Eropa (EEA) bulan lalu, Warsawa menempati peringkat ke-269 untuk kualitas udara dalam daftar 323 kota di Eropa.

Taman anti polusi di PolandiaDi dalamnya ada ganggang berisi air untuk mengikat polusi dan menghasilkan oksigen Foto: (AFP/WOJTEK RADWANSKI)

Daftar tersebut dibuat berdasarkan tingkat rata-rata partikel halus (PM2.5) selama dua tahun terakhir, polutan udara dengan dampak tertinggi terhadap kesehatan.

EEA menyalahkan polusi udara yang sebagian besar disebabkan oleh pembakaran batu bara. yang menyebabkan 50 ribu kematian dini per tahun di negara berpenduduk 38 juta orang itu.

Cara kerjanya adalah gelembung dilengkapi dengan lusinan silinder kaca berisi ganggang yang direndam di dalam air yang dipompa dari bawah. Organisme hijau ini akan mengkonsumsi molekul pencemar dan karbon dioksida sebelum akhirnya melepaskan oksigen bersih dari bagian atas bioreaktor.

Taman bermain yang melingkar kecil ini terletak di sebelah Pusat Sains Copernicus yang berada di tepi sungai. Ada staf yang menjaga tempat ini untuk menjawab pertanyaan apa pun sekaligus memastikan tidak ada yang terluka.

Taman anti polusi di PolandiaTaman anti polusi di Polandia Foto: (AFP/WOJTEK RADWANSKI)

Pada suatu sore yang hangat baru-baru ini, anak-anak dari berbagai usia bermain-main di dalam gelembung. Mereka melompat dan tertawa kegirangan.

“Ini menyenangkan,” teriak Ania, pengunjung berusia delapan tahun, sambil melompat-lompat.

Ibunya, Malgorzata Wrona, juga mengapresiasi konsep taman bermain ramah lingkungan tersebut.

Simak artikel selanjutnya


Simak Video “Objek Wisata Dibuka, Wisatawan Diminta Tunjukkan Bukti Vaksin
[Gambas:Video 20detik]




Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
HUMAS BPD PHRI JABAR We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications