Travel

Nyawa Bisa Melayang, Ini Pulau yang Berisi Antraks


Gruinard

Pulau yang satu ini benar-benar bikin jantung mau copot. Terisi dengan bakteri mematikan, masuk ke sini taruhannya nyawa. Gruinard Island, pulau kecil dengan bentuk oval di Skotlandia, Britania Raya. Dirangkum dari berbagai sumber, masa lalu Gruinard sangatlah kelam.

Nama Pulau Gruinard pertama kali disebutkan pada pertengahan abad ke-16 oleh seorang pendeta Skotlandia, Donaldd Monro. Pendeta ini memang sengaja datang dan singgah ke Gruinard.

Pada tahun 1940-an, Gruinard akhirnya dipilih menjadi pusat eksperimen senjata biologi Perang Dunia II. Mundur sedikit ke Perang Dunia I, antraks sudah menjadi senjata biologi yang ditakuti.

Spora antraks begitu berbahaya. Begitu terhirup, korbannya akan demam, batuk, nyeri dada, sesak sampai cairan akan menumpuk di paru-paru. Dalam waktu 28 jam, korban dipastikan meninggal.

Pulau Gruinard di SkotlandiaPulau Gruinard di Skotlandia Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Jika spora ini tertelan, yang dialami adalah diare, pendarahan internal, sakit perut, mual dan muntah. Senjata antraks pertama kali digunakan oleh pemberontakan Nordik melawan kekaisaran Rusia di Finlandia saat Perang Dunia I.

Kembali ke Gruinard, para ilmuwan militer di Porton Down mendemonstrasikan tentang antraks kepada Winston Churcill. Senjata ini akan digunakan Inggris untuk melawan Jerman.

Di pulau inilah eksperimen dimulai. Tahun 1942, Inggris membawa 80 domba untuk menjadi kelinci percobaan. Bom berisi spora antraks kering sengaja diledakkan di tempat kawanan domba.

Dalam beberapa hari domba-domba ini pun mati. Inggris pun mempersiapkan Operasi Vegetarian dengan menggunakan kue biji rami. Kue-kue ini diletakkan di ladang-ladang milik Jerman.

Sasaran kue tersebut adalah ternak. Sehingga warga yang mengkonsumsi ternak akan mati. Bukan cuma sebagian besar populasi yang hilang, daerah-daerah yang terkena spora ini pun dipastikan tak bisa dihuni selama beberapa dekade.

(Simak artikel selanjutnya>>>>)





Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
HUMAS BPD PHRI JABAR We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications