Foods

Rasulullah SAW Sebut Meniup Makanan Panas Hukumnya Makruh


Jakarta

Banyak adab makan yang dicontohkan Rasulullah SAW, salah satunya melarang meniup makanan dan minuman panas. Dilihat dari sisi medis, meniup makanan panas ternyata berdampak pada kesehatan.

Bagi umat muslim, apapun yang diajarkan Rasulullah SAW merupakan contoh yang patut ditiru. Karena Rasulullah SAW sudah pasti mengajarkan dan mencontohkan hal yang baik dan benar, termasuk soal urusan makan.

Selain dilarang makan menggunakan tangan kiri dan makan minum sambil berdiri, ada juga anjuran untuk tidak meniup makanan dan minuman panas. Beberapa hadist menegaskan untuk meniup makanan dan minuman panas ataupun menghembuskan napas di dekatnya.

Rasulullah SAW Sebut Meniup Makanan Panas Hukumnya MakruhRasulullah SAW Sebut Meniup Makanan Panas Hukumnya Makruh Foto: Getty Images/Satoshi-K

Diriwayatkan dalam hadits Ibnu Abbas yang menuturkan “Bahwasanya Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam melarang bernafas pada bejana minuman atau meniupnya”. (HR. At Turmudzi dan dishahihkan oleh Al-Albani).

Dari Asma binti Abu Bakr, sesunguhnya jika beliau membuat roti tsarid wadahnya beliau ditutupi sampai panasnya hilang kemudian beliau mengatakan, aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya makanan yang sudah tidak panas itu lebih besar berkahnya”.

Dalam hadist lain disebutkan, “Sesungguhnya Rasulullah SAW melarang bernafas dalam sebuah wadah, atau meniup makanan dalam wadah tersebut. (H.R at-Tirmidzi).

Kalimat larangan dalam beberapa hadist tersebut bukanlah bermakna keharaman, melainkan hanya makruh, yaitu lebih baik dihindari. Jika ada yang tetap makan atau minum dengan meniup makanan atau minumannya, maka makanan atau minuman itu tidak lantas menjadi haram.

Ternyata meniup makanan dan minuman panas memiliki dampak buruk untuk kesehatan. Beberapa penelitian membuktikan kalau uap panas yang dihembuskan dari mulut mengundang bakteri dan reaksi kimia yang berdampak negatif untuk tubuh.

Meniup makanan dan minuman panas ternyata buruk untuk kesehatan. Lihat halaman berikut untuk melihat efek buruknya.


Simak Video “Bikin Laper: Aneka Olahan Jengkol Nikmat
[Gambas:Video 20detik]


Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
HUMAS BPD PHRI JABAR We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications