Foods

Sunnah Rasulullah SAW, Makan Memakai Tangan Juga Jadi Tradisi di Indonesia

Jakarta

Rasulullah SAW mengajarkan umat muslim untuk makan menggunakan tangan atau tanpa alat makan seperti sendok maupun garpu. Ternyata cara makan seperti ini juga menjadi tradisi di Indonesia.

Makan menggunakan tangan langsung memang bukan hal baru bagi masyarakat Indonesia. Tradisi ini sudah berlangsung secara turun temurun sejak zaman nenek moyang.

Ternyata makan menggunakan tangan langsung juga merupakan bagian dari adab makan seorang muslim. Rasulullah SAW mengajarkan untuk makan langsung menggunakan tangan, bahkan lebih spesifik lagi diajarkan untuk makan menggunakan tiga jari.

Rasulullah SAW Sebut Meniup Makanan Panas Hukumnya MakruhRasulullah SAW Sebut Meniup Makanan Panas Hukumnya Makruh Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

Dalam kitab Minhajul Muslim karya Syekh Abu Bakar Jabir Al-Jaza’iri disebutkan, salah satu adab umat Muslim dalam makan adalah menggunakan tiga jari untuk menyantap makanan.
Hendaknya umat Muslim menyantap makanan dengan menggunakan tiga jari pada tangan kanannya yakni ibu jari, telunjuk dan jari tengah.

Hal ini sebagaimana yang disebutkan Rasulullah SAW saat berkata kepada Umar bin Salamah, beliau bersabda: “Wahai anak, sebutlah nama Allah (ketika hendak makan, yakni mengucap bismillah), makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang dekat denganmu,”.

Adapun dalil mengenai cara makan Rasulullah dengan menggunakan tiga jari disampaikan dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan Imam Muslim. Hadits tersebut diceritakan oleh Ka’ab bin Malik.

Ka’ab bin Malik berkata: “Aku melihat Rasulullah SAW makan dengan tiga jari. Setelah selesai (makan), beliau menjilati jari-jemarinya.”

Di Indonesia, makan menggunakan tangan langsung ternyata sudah menjadi bagian dari tradisi. Hal ini juga yang menjadikan beberapa makanan semakin enak saat disantap menggunakan tangan langsung. Sebut saja misalnya nasi Padang dan nasi liwet khas Jawa Barat.

Dilansir dari GNFI (7/9) Prof. Murdjiati, Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gajah Mada berpendapat bahwa makan pakai tangan dilakukan oleh orang Jawa dan Sumatra di masa lampau. Tradisi ini kemudian diwariskan secara turun temurun dan masih menjadi kebiasaan hingga saat ini.

Kemudian ada juga Arie Parikesit, seorang pakar kuliner yang mengungkapkan kalau makan menggunakan tangan berkaitan dengan hidangan masa lalu. Saat masyarakat Indonesia belum terlalu mengenal sendok garpu yang dibawa oleh orang Portugis.

Rasulullah SAW Sebut Meniup Makanan Panas Hukumnya MakruhRasulullah SAW Sebut Meniup Makanan Panas Hukumnya Makruh Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

Di Jawa, makan menggunakan tangan dikenal dengan sebutan muluk. Tradisi makan Jawa menekankan penggunaan lima jari tangan dalam mengambil makanan untuk dimasukkan ke dalam mulut. Kelima jari tangan dianggap sebagai satu kesatuan yang memiliki gerak dan fungsi saling melengkapi.

Makan menggunakan tangan juga akan membuat makanan terasa lebih nikmat. Jadi tak heran kalau makan menggunakan tangan kerap bikin ingin terus nambah.

Simak Video “Bikin Laper: Aneka Olahan Jengkol Nikmat
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)


Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
HUMAS BPD PHRI JABAR We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications