Travel

Lengkap! Berikut Identitas Negara Malaysia


Kuala Lumpur

Negeri Jiran Malaysia memiliki sejumlah identitas. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang identitas negara Malaysia.

Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (9/9/2021), Malaysia adalah sebuah negara federal yang terdiri dari tiga belas negeri (negara bagian) dan tiga wilayah federal di Asia Tenggara dengan luas 329.847 km persegi. Ibu kotanya adalah Kuala Lumpur, sedangkan Putrajaya menjadi pusat pemerintahan federal.

Jumlah penduduk negara ini mencapai 30.697.000 jiwa pada tahun 2015. Negara ini dipisahkan ke dalam dua kawasan, Malaysia Barat dan Malaysia Timur serta Kepulauan Natuna, wilayah Indonesia di Laut Tiongkok Selatan.

Malaysia berbatasan dengan Thailand, Indonesia, Singapura, Brunei dan Filipina. Negara ini terletak di dekat khatulistiwa dan beriklim tropis.

Beragam pemandangan menarik ini dipotret dari udara. Penasaran apa saja? Yuk, lihat.Panorama Kuala Lumpur dipotret dari udara (Fakrul Jamil Photography/Getty Images)

Kepala negara Malaysia adalah seorang Raja atau seorang Sultan yang dipilih secara bergiliran setiap 5 tahun sekali, hanya negeri-negeri (negara bagian) yang diperintah oleh Raja/Sultan saja yang diperbolehkan mengirimkan wakilnya untuk menjadi Raja Malaysia.

Raja Malaysia biasanya memakai gelar Sri Paduka Baginda Yang di-Pertuan Agong. Dimana pemerintahannya dikepalai oleh seorang Perdana Menteri. Model pemerintahan Malaysia mirip dengan sistem parlementer Westminster.

Malaysia sebagai negara federal tidak pernah ada sampai tahun 1963. Sebelumnya, sekumpulan koloni didirikan oleh Britania Raya pada akhir abad ke-18, dan bagian barat Malaysia modern terdiri dari beberapa kerajaan yang terpisah-pisah.

Kumpulan wilayah jajahan itu dikenal sebagai Malaya Britania hingga pembubarannya pada 1946, ketika kumpulan itu disusun kembali sebagai Uni Malaya. Karena semakin meluasnya tentangan, kumpulan itu lagi-lagi disusun kembali sebagai Federasi Malaya pada tahun 1948 dan kemudian meraih kemerdekaan pada 31 Agustus 1957.

Selanjutnya: Singapura pernah jadi bagian Malaysia





Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
HUMAS BPD PHRI JABAR We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications