Travel

Sandiaga Uno Anugerahi Gegesik Kulon Cirebon Jadi Desa Wisata Terbaik

Cirebon

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menganugerahi Desa Gegesik Kulon, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, sebagai salah satu desa wisata terbaik di Indonesia. Gegesik Kulon dinilai memiliki nilai-nilai kearifan lokal dan budaya.

“Desa wisata Gegesik Kulon masuk 50 desa wisata terbaik di Indonesia. Semoga ini membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” kata Sandiaga usai memberikan penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) di Gegesik Kulon, Kabupaten Cirebon, Kamis (9/9/2021).

Sandiaga mengatakan penganugerahan desa wisata itu sebagai upaya dalam membangkitkan masyarakat. Adanya desa wisata di Kabupaten Cirebon, dikatakan Sandiaga, merupakan jawaban tentang semangat masyarakat untuk mengembangkan ekonomi kreatif.

“Dewan juri menetapkan Gegesik Kulon ini karena seni dan budayanya. Saya berharap homestay di sini harus ditambah, ini baru satu,” kata Sandiaga.

Ia berharap Desa Gegesik Kulon bisa menjadi perhatian publik. Sehingga, lanjut dia, tingkat kunjungan wisatawan di Kabupaten Cirebon bisa meningkat.

“Cirebon memiliki banyak kearifan lokal. Salah satunya topeng Cirebon, ada Panji sampai Kelana. Panji itu ibarat bayi yang baru lahir, kemudian hingga Kelana yang menggambarkan manusia penuh angkara murka,” kata Sandiaga.

“Kearifan ini kita akan jahit menjadi story telling. Kita akan rajut tenun yang indah tentang Gegesik Kulon,” kata Sandiaga menambahkan.

Saat disinggung mengenai kepatuhan protokol kesehatan bagi wisatawan, Sandiaga mengaku meminta agar wisatawan tetap mematuhi protokol kesehatan. “Ini di mulai dari kita. Taat protokol kesehatan. Kemudian kita dorong percepatan vaksinasi,” katanya.

Gelar Ki Menteri

Sementara itu, Bupati Cirebon Imron mengucapkan terima kasih atas anugerah yang diberikan Kemenparekraf kepada Gegesik Kulon sebagai desa wisata terbaik. Imron mengatakan anugerah ini bisa membangkitkan semangat masyarakat Cirebon.

Imron bersama masyarakat Kabupaten Cirebon sepakat menganugerahi Sandiaga Uno dengan sapaan Ki Menteri. Ki dalam budaya Cirebon merupakan panggilan untuk orang yang dituakan atau menjadi anutan.

“Sangat senang dengan kedatangan Ki Menteri. Mohon arahan dan bimbingannya Ki Menteri. Karena Kabupaten Cirebon ini merupakan daerah berbasis budaya dan wisata,” kata Imron.

Imron mengatakan masyarakat Cirebon antusias dalam melestarikan seni dan budayanya. Terbukti dengan adanya desa wisata Gegesik Kulon. “Tanpa gaji mereka semangat melestarikan. Buktinya anak-anak kecil hingga dewasa semangat di sini. Mudah-mudahan Gegesik Kulon diperhatikan,” kata Imron.

Dalam kunjungannya ke Gegesik Kulon, Sandiaga Uno disambut dengan seni dan budaya Cirebon, seperti tari topeng, telik sandi, pembuat wayang kulit hingga gamelanan. Tak hanya seniman dewasa, seniman cilik pun ikut berpartisipasi menyambut kedatangan Sandiaga.

Simak Video “Momen Sandiaga Uno Dipakaikan Ikat Kepala Lambang Keagungan
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)





Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
HUMAS BPD PHRI JABAR We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications