Foods

7 Makanan dan Minuman Haram dalam Islam, Begini Dalilnya


Jakarta

Makanan dan minuman bagi umat Muslim diatur dengan hukum halal dan haram. Tujuh makanan dan minuman ini telah dijelaskan keharamannya dalam dalil berikut.

Makanan halal dan haram sudah tertulis dengan jelas dalam Alquran dan hadis. Pembagian kelompok makanan halal dan haram juga berulang kali ditegaskan oleh banyak ulama hingga dibentuknya Majelis Ulama Indonesia untuk memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi oleh Muslim di Indonesia benar-benar halal.

Pasalnya jika seseorang Muslim mengonsumsi makanan yang diharamkan dalam Islam, maka dirinya akan mendapatkan dosa dan makanan tersebut tidak akan menjadi keberkahan untuk tubuhnya. Walaupun tidak dipermasalahkan jika tidak mengetahui hukum suatu makanan, tetapi akan lebih baik jika sebelum makan sesuatu umat Muslim mencermati bahwa makanan tersebut benar-benar halal dan boleh dimakan.

Ketentuan terkait mengkonsumsi makanan halal bisa dilihat di Alquran surat Al-Maidah ayat 88 yang berbunyi:

“Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.”

Berikut ini 7 makanan dan minuman yang diharamkan dalam Islam:

4 Kisah Awal Mula Daging Babi Diharamkan untuk MuslimFoto: iStock

1. Bangkai dan Babi

Status bangkai dan babi sebagai makanan haram sebetulnya hanya beberapa yang disebut dalam Alquran surat Al-Maidah ayat 3. Status darah dan hewan yang disembelih tidak dengan nama Allah SWT juga disebutkan dalam ayat ini.

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Maidah ayat 3)

Baca juga: 4 Makanan dan Minuman Ini Diharamkan dalam Islam, Ada AlasanIlmiahnya


Simak Video “Bikin Laper: Perpaduan Konro Bakar dengan Bumbu Thailand
[Gambas:Video 20detik]


Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
HUMAS BPD PHRI JABAR We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications