Travel

Hari Pertama Buka, Ini Syarat Masuk The Lodge Maribaya Lembang

Bandung Barat

Objek wisata The Lodge Maribaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai buka pada masa uji coba sesuai arahan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Pengelola objek wisata yang terletak di Desa Cibodas itu memberlakukan sejumlah syarat dan aturan bagi pengunjung yang hendak berwisata di area The Lodge Maribaya.

General Manager (GM) Operasional The Lodge Maribaya Reno Supra mengatakan pengunjung yang datang wajib melakukan cek in pada aplikasi PeduliLindungi. Jika sudah bisa cek in barulah pengunjung diarahkan membeli tiket masuk ke objek wisata.

“Hari ini kita mulai lakukan proses ujicoba pembukaan lagi wisata. Pengunjung wajib cek in dulu di PeduliLindungi, baru membeli tiket. Nanti diantarkan naik wara-wiri karena parkirnya kita arahkan di tempat parkir kita yang di pinggir jalan,” ungkap Reno kepada detikcom, Minggu (12/9/2021).

Penerapan skema cek in, pembelian tiket, hingga parkir yang jauh dari area utama objek wisata The Lodge Maribaya sebagai antisipasi terjadinya kerumunan di pintu masuk. Sebab pihaknya juga menerapkan pengecekan suhu di pintu masuk.

The Lodge Maribaya LembangThe Lodge Maribaya Lembang Foto: (Whisnu Pradana/detikcom)

“Jadi di pintu masuk wisata kita itu clear area. Di situ pengunjung juga wajib cuci tangan dulu dan cek suhu,” terang Reno.

Selama masa uji coba pihaknya diwajibkan memberikan laporan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bandung Barat mengenai jumlah pengunjung yang datang dan kondisi di lapangan.

“Setiap sore nanti data statistik tamu yang berkunjung dan data tamu yang kembali lagi karena tidak lengkap syarat sehingga tidak bisa cek in aplikasi itu akan dilaporkan dan dievaluasi ke dinas (Disparbud) lalu ke Kemenparekraf,” jelas Reno.

Selama pelaksanaan uji coba yang dilakukan sejak Sabtu (11/9/2021) pihaknya mengakui ada sejumlah kendala terutama pada tahapan cek in aplikasi PeduliLindungi oleh pengunjung.

“Kemarin ada karena biasanya cek in itu lama, akhirnya beberapa pengunjung cek in masih manual yang penting back up data vaksinasi pengunjung sudah tersimpan di data base kita. Fotocopy kartu vaksin dengan KTP pengunjung kita cocokkan,” beber Reno.

Reno menyebut pihaknya memanfaatkan betul kesempatan uji coba kali ini agar ke depannya bisa terus diizinkan beroperasi. Apalagi The Lodge Maribaya sendiri menjadi satu-satunya objek wisata dari Bandung Barat yang diizinkan uji coba buka wisata

“Intinya sekarang kita bukan profit oriented dulu, yang penting secara prokes dan regulasi ditaati. Apalagi ini masih masa ujicoba. SDM kita benar-benar disiapkan untuk bisa menyaring wisatawan yang tidak memenuhi syarat,” pungkas Reno.

Simak Video “Penginapan di Tengah Alam yang Asri di Cikole Lembang
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)





Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
HUMAS BPD PHRI JABAR We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications