Foods

5 Tips Masak Sup Kuah Bening yang Tak Bikin Perut Buncit


Jakarta

Usaha menurunkan berat badan perlu diimbangi dengan pemilihan makanan yang tepat. Untuk sup, coba konsumsi yang sehat dan rendah kalori. Berikut tips masaknya.

Sup jadi comfort food untuk sebagian besar orang di dunia. Rasanya yang sederhana namun nikmat juga sering membuat banyak orang bernostalgia dengan lezatnya sup buatan ibu atau nenek.

Selain dikonsumsi saat sedang tak enak badan, sup juga bisa diandalkan saat ingin hidup lebih sehat karena memungkinkan konsumsi sayuran lebih banyak. Penelitian membuktikan manfaat sehat makan sup.

Mengutip Eat This, Not That! (10/11/21), sebuah meta-analysis tahun 2020 yang dipublikasikan di jurnal Physiology & Behavior menemukan konsumsi sup terkait signifikan dengan risiko obesitas yang lebih rendah.

“Sup bisa menjadi salah satu makanan ‘ramah’ saat diet, selama isinya tepat,” kata ahli gizi Lauren Manaker. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition, konsumsi sup dikaitkan dengan peningkatan asupan protein dan serat. Dua nutrisi ini sangat membantu proses penurunan berat badan.

Menurut Manaker, saat makan sup untuk diet, kamu perlu ekstra hati-hati dengan jenis sup yang dipilih. Hindari yang tinggi sodium dan bahan makanan tinggi kalori.

Menurutnya kandungan sodium yang tinggi dalam sup bisa memicu kembung. Kedua, sup yang dibuat dengan makanan tinggi kalori seperti heavy cream, butter, atau sosis, bakal mengganggu proses penurunan berat badan.

Untuk pilihan terbaik, masak sendiri sup yang bakal kamu konsumsi. Ada sejumlah tips yang bisa kamu ikuti untuk masak sup enak, sehat, rendah kalori, dan tak bikin perut buncit.

Berikut 5 tips masak sup enak yang tak bikin perut buncit:

1. Pakai kaldu tulang bening

Selain bagus untuk mendukung program diet, sup rendah sodium juga bagus untuk mencegah perut buncit. Sup yang dimaksud adalah sup sayuran bening dengan kaldu tulang rendah sodium dan jahe segar.

“Sup ini bisa membantu tujuan mengatur manajemen berat badan dalam cara yang nyaman dan bertahan jangka panjang,” kata Manaker. Lalu bagaimana cara membuat kaldu tulang yang bening untuk sup?

Kamu bisa memakai tulang kaki sapi. Pilih 2 atau 3 tulang ini dan minta penjual memotongnya jadi dua bagian. Rebus tulang sapi bersama tulang iga atau lemak sapi jika suka. Masak dengan api kecil sampai mendidih. Angkat kotoran dan busa yang ada di permukaan kaldu, didihkan terus dengan api kecil hingga kaldu jadi bening dan gurih aromanya.

Lakukan langkah lainnya seperti berikut:

Baca Juga: Yuk, Bikin Sendiri Kaldu Tulang Sapi yang Enak Untuk Sup dan Kuah Bakso!


Simak Video “Bikin Laper: Nikmatnya Menyantap Ayam Goreng dengan Sup Iga
[Gambas:Video 20detik]


Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker