Bandung RayaBeritaBusinessJawa Barat

7 Tips Staycation Aman selama Pandemi, Yuk Terapkan!

7 Tips Staycation Aman selama Pandemi, Yuk Terapkan!

Bagaimana ya tips staycation aman selama pandemi? Staycation adalah liburan yang dilaksanakan tanpa pergi jauh dari rumah. Umumnya dilaksanakan dengan cara menginap di hotel yang masih di kota tempat tinggal. Meskipun sudah tren sejak sebelum pandemi, tapi belakangan ini semakin banyak orang yang berminat dengan gaya liburan satu ini karena menganggap liburan ke luar kota atau luar negeri masih terlalu berisiko.

Tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar liburan bisa tetap terlaksana dengan aman. Yuk, simak beberapa tipsnya berikut ini!

Tips Staycation Aman selama Pandemi

Biar liburan kamu lebih tenang, laksanakan tips berikut ini:

1. Pastikan Kondisi Tubuh Fit

Sebelum pergi berlibur, pastikan dulu tubuh dalam kondisi sehat. Seperti yang kita tahu, virus akan dengan mudah menginfeksi apabila sistem imun tubuh dalam keadaan lemah. Apabila merasa tubuh sedang kurang sehat sebaiknya tunda dulu niat untuk berlibur dan istirahat di rumah saja.

Apabila Anda berlibur bersama keluarga atau teman-teman, pastikan juga anggota lainnya dalam keadaan sehat, ya!

2. Sudah Vaksin

Saat ini mendapatkan akses untuk vaksin bukan hal yang sulit, apalagi untuk Anda yang tinggal di kota besar. Nah sebelum liburan, sebaiknya pastikan sudah menerima vaksin penuh. Meskipun tidak bisa sepenuhnya mencegah, tapi vaksin sangat efektif mengurangi risiko gejala parah dan kematian pada infeksi COVID-19.

Jika Anda dan semua anggota keluarga sudah vaksin maka kemungkinan terinfeksi virus pun akan sangat jauh menurun. Liburan jadi lebih tenang kan.

3. Pilih Hotel yang Taat Prokes

Tips staycation aman selama pandemi selanjutnya adalah memilih hotel yang taat protokol kesehatan. Ini adalah salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan. Pilihlah hotel yang ketat prokes dan semua stafnya sudah divaksin. Informasi seperti ini tidak sulit untuk didapat kok. Anda juga bisa langsung bertanya pada pihak hotel via telepon untuk memastikannya.

4. Bawa Alat Makan Sendiri

Selain menghindari makan di tempat ramai, Anda juga sebaiknya membawa alat makan sendiri untuk berjaga-jaga. Alat makan ini juga nantinya akan berguna ketika Anda ingin melakukan delivery makanan untuk makan siang atau makan malam atau ketika ingin makan di luar.

Namun tetap ingat, sebaiknya hindari tempat makan yang ramai dan tidak menerapkan jaga jarak dengan baik. 

5. Bawa Peralatan Sanitasi Sendiri

Selain bawa alat makan sendiri, Anda juga sebaiknya bawa alat sanitasi sendiri. Biasanya hotel sudah menyediakan alat sanitasi seperti hand sanitizer di beberapa sudut dan tentunya hand soap di setiap toilet kamar. Selain itu, kamar juga sudah disemprot disinfektan sebelum pengunjung masuk. Meskipun begitu, Anda tetap wajib membawa alat sanitasi sendiri ketika ingin staycation.

Berikut adalah 3 peralatan sanitasi yang siap menjaga liburan Anda tetap aman:

  • Sankemi Disinfectant Spray: Disinfektan ini berguna untuk menghilangkan kuman dan bakteri di permukaan benda. Mudah digunakan dengan kemasan spray, disinfektan ini juga memiliki aroma yang menyegarkan dari japanese garden fragrance. Gunakan untuk menyemprot tombol lift, handle pintu, dan berbagai spot di kamar hotel yang sekiranya akan disentuh.
  • Sankemi Hand Sanitizer Cair. Merupakan produk hand sanitizer cair berupa antiseptik yang membunuh mikroorganisme yang menempel di tangan dengan cepat tanpa perlu dibilas. Wanginya menyegarkan dan tidak menyebabkan lengket di kulit. 
  • Sankemi Antibacterial Hand Soap. Ketika ada sumber air, cara terbaik membersihkan tangan adalah dengan cuci tangan. Gunakan sabun cuci tangan dari Sankemi yang ampuh membasmi virus dan bakteri dengan aroma apel yang menyegarkan. 

Bawa produk Sankemi untuk senantiasa menjaga protokol kesehatan selama berlibur. Semua produknya dipastikan aman membunuh mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit dan memiliki aroma yang menyegarkan.

6. Pilih Kamar yang Memiliki Aliran Udara Baik

Tips staycation aman selama pandemi selanjutnya adalah memperhatikan aliran udara kamar. Udara bisa menjadi salah satu media penularan virus. Maka dari itu, sangat penting untuk memilih kamar yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Bila perlu, pilihlah hotel yang memiliki balkon atau paling tidak jendela yang bisa dibuka.

Selain melancarkan sirkulasi udara, adanya jendela juga membuat sinar matahari bisa masuk ke kamar. Anda jadi bisa menikmati sinar matahari pagi yang juga baik untuk kesehatan.

7. Hindari Kerumunan

Biasanya hotel memiliki fasilitas umum seperti gym atau kolam renang. Apabila mau menggunakan fasilitas tersebut, sebaiknya pilih jam di mana tempat tersebut sepi. Sebelum menggunakan alat gym, pastikan juga membersihkannya dan usahakan tidak membuka masker apabila terdapat orang lain dalam ruangan tersebut.

Ketika ingin berenang juga sebaiknya pastikan kolam tidak sedang digunakan oleh orang lain. Apabila ingin bersantai di sekitar kolam renang, pastikan kamu membersihkan area tersebut lebih dulu sebelum duduk di sana.

Hindari juga check-in dan check-out di jam yang terlalu mepet agar tidak berbarengan dengan pengunjung hotel yang lain. Apabila ketentuan check-out adalah jam 12 siang, kamu bisa check-out 15 menit sebelumnya agar lebih sepi.

Itu dia beberapa tips staycation aman selama pandemi, yuk terapkan agar tetap sehat!

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker