Foods

5 Kebiasaan Sehat Sarapan yang Bantu Turunkan Berat Badan


Jakarta

Jangan dilewatkan, makan sarapan justru dapat membantu menurunkan berat badan. Asalkan memperhatikan beberapa hal ini.

Sarapan sering disebut oleh banyak ahli gizi sebagai waktu makan terpenting. Pasti kamu memiliki kebiasaan tersendiri saat sarapan. Misalnya pada menu-menu yang dipilih.

Misalnya, kamu lebih terbiasa sarapan dengan nasi uduk dan lauk dalam porsi besar. Jika itu diteruskan, yang ada berat badan bisa semakin bertambah. Karenanya ubah kebiasaan tak sehat tersebut.

Ahli gizi mengatakan bahwa kebiasaan sehat ketika sarapan harus segera diterapkan. Bisa dimulai dengan memilih menu-menu yang tidak berlebihan tetapi fokus pada nutrisi.

Bukan hanya menunya saja, waktu sarapan juga penting untuk diperhatikan. Ahli gizi menyarankan untuk tidak sarapan terlalu awal atau sebelum olahraga.

Dilansir dari Eat This Not That! (13/11) berikut 5 kebiasaan sehat sarapan yang bisa turunkan berat badan.

1. Fokus pada Protein

5 Kebiasaan Sehat Sarapan yang Bantu Turunkan Berat Badan5 Kebiasaan Sehat Sarapan yang Bantu Turunkan Berat Badan Foto: iStock

Ketika sarapan, berfokuslah pada menu yang kaya akan protein. Asupan protein akan membuat perut merasa kenyang lebih lama, sehingga menghindari ngemil setelah makan.

Faktanya, protein adalah makronutrien utama yang membuat perut kenyang. Seperti yang disampaikan oleh ahli gizi Serena Poon. Ia menyebut bahwa ini bisa bantu turunkan berat badan.

“Bahkan tindakan sederhana mengonsumsi makanan yang mengandung protein bisa membakar kalori. Protein memiliki efek termis yang lebih tinggi daripada makronutrien lainnya,” tutur Poon.

Hal ini berarti tubuh kamu menggunakan lebih banyak energi untuk mencerna makronutrien ini daripada lemak atau karbohidrat. Kamu bisa pilih telur, sosis, yogurt dan keju cottage.

Baca Juga: 7 Makanan dan Minuman Terbaik Dikonsumsi Saat Sarapan

2. Makan setelah Berolahraga

5 Kebiasaan Sehat Sarapan yang Bantu Turunkan Berat Badan5 Kebiasaan Sehat Sarapan yang Bantu Turunkan Berat Badan Foto: iStock

Kebanyakan orang memilih untuk makan sebelum berolahraga. Namun, faktanya terbalik, yang tepat adalah makan setelah berolahraga. Hal inilah yang bisa bantu turunkan berat badan.

Menurut Dr Heather Moday, ketika berolahraga dalam keadaan puasa, kita sama saja membakar glikogen yang tersimpan. Jadi, kita lebih cenderung membakar lemak untuk bahan bakar.

Olahraga yang dimaksud bukan harus latihan berat, melainkan cukup yang ringan-ringan saja. Misalnya jalan kaki atau jogging mengitari kawasan rumah selama 30 menit.

“Ada efekafterburn untuk olahraga di mana tingkat metabolisme kamu meningkat setelah berolahraga, selama beberapa jam, sehingga kamu benar-benar akan membakar lebih banyak kalori setelah olahraga,” ujarModay.


Simak Video “Kawasan Kuliner Tegal Parang, Surganya Jajanan Pinggir Jalan
[Gambas:Video 20detik]


Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker