Travel

3 Rekomendasi Wisata Air di Bandung Barat, Cocok Dijajal Saat Liburan


Bandung Barat

Wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) terkenal akan hamparan wisata alam baik gunung dan curug. Beberapa di antaranya menjadi destinasi favorit yang bisa dijajal saat libur akhir pekan dan menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

Objek wisata tersebut tersebar mulai dari wilayah utara di Lembang, Cisarua, hingga wilayah selatan di Cipatat, hingga Gununghalu. Banyak juga yang masih belum terjamah wisatawan.

Berikut beberapa objek wisata alam yang bisa dinikmati travelers sambil menyegarkan badan dengan berenang di aliran air dari pegunungan.

1. Sanghyang Heuleut

Sanghyang HeuleutSanghyang Heuleut. Foto: Whisnu Pradana/detikcom

Salah satu destinasi wisata tersembunyi yang berada di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Keindahan danau kecil dengan air berwarna hijau yang dikelilingi bebatuan besar itu sangat cocok untuk anda yang ingin melakoni wisata air.

Anda yang ingin berpetualang ke Sanghyang Heuleut sebaiknya menyiapkan kondisi fisik yang fit dan prima. Sebab, dari lokasi parkir dan loket pembayaran yang berada di sekitar PLTA Saguling, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 5 kilometer.

Kedalaman air dan tingginya tempat loncat pun sangat cocok bagi anda adrenalin junkie. Jangan khawatir, jika tak bisa berenang pengelola sudah menyiapkan pelampung yang disewakan seharga Rp 10 ribu saja.

Untuk menikmati Sanghyang Heuleut, anda cukup membayar Rp 15 ribu per orang. Harga yang masih tergolong murah jika dibandingkan dengan suguhan panorama alam dan keindahan tempat wisatanya.

2. Curug Layung

Curug LayungCurug Layung. Foto: Whisnu Pradana/detikcom

Berada di ketinggian 1.409 mdpl, Curug Layung bisa menjadi destinasi wisata alternatif bagi anda yang bosan dengan liburan di kawasan perkotaan. Tak ada salahnya menjajal Curug Layung lho.

Untuk menuju Curug Layung ini terdapat dua jalur yang bisa dilewati, yakni lewat jalur Gapura Komando kemudian melintas di depan objek wisata Dusun Bambu, maupun lewat jalur objek wisata CIC (Ciwangun Indah Camp).

Jika anda berangkat dari arah Kota Bandung, untuk menuju ke lokasi ini bisa melalui Jalan Setiabudhi, dan masuk ke Jalan Cihideung (depan Terminal Ledeng). Sementara jika pengunjung berasal dari arah Cimahi, wisatawan bisa melalui Jalan Kolonel Masturi menuju Kecamatan Cisarua.

Tepat di Gapura Komando (Dusun Bambu) masuk terus ke arah utara sekitar 500 meter. Jangan khawatir, kendaraan roda empat pun bisa mengakses jalur ini. Kemudian, ikuti jalur menanjak hingga masuk gerbang Wisata Curug Layung.

Di sini anda bisa memarkirkan kendaraan dan membeli tiket masuk seharga Rp 10 ribu. Perjalanan ke area curug pun bisa dinikmati karena melewati jalur di tengah hutan dengan deretan pinus. Ada beberapa spot swafoto berlatar panorama alam yang menenangkan mata.


Simak Video “Ruang Kelas SMP Negeri di Tasikmalaya Ambruk Saat Diterjang Hujan
[Gambas:Video 20detik]




Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker