Travel

Jelang Nataru Diterapkan PPKM Level 3, Masyarakat Diimbau Tidak Mudik

Jakarta

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3 di seluruh Indonesia diterapkan pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Masyarakat diimbau tidak mudik.

Pemerintah berencana melakukan pengetatan dan pengawasan di segala sektor untuk mencegah lonjakan kasus di masa libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) itu. Termasuk, soal perjalanan antarkota.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengimbau agar masyarakat sebisa mungkin tidak bepergian jika tak ada urusan mendesak di libur Nataru 2021 itu. Andai harus bepergian maka masyarakat wajib mengantongi sertifikat vaksin dan hasil tes Covid-19.

“Siapa saja yang mau bepergian supaya segera menggunakan aplikasi PeduliLindungi, kemudian harus vaksin. Yang belum vaksin harus vaksin, diusahakan sudah vaksin kedua. Selain itu, sebelum berangkat juga dilakukan tes swab,” ujar Muhadjir dalam keterangan tertulis dan dikutip dari Antara, Sabtu (20/11/2021).

Pemerintah juga akan memastikan pengecekan dan pemantauan perjalanan hingga tempat tujuan traveler bekerja sama dengan Polri. Tidak hanya lokasi mudik, tujuan perjalanan, seperti tempat wisata pun akan diawasi ketat.

Muhadjir tidak memungkiri soal adanya kemungkinan pergerakan masyarakat secara besar-besaran pada masa libur Natal dan Tahun Baru. Untuk itu, sebagai langkah antisipasi, pemerintah melarang ASN, TNI Polri, termasuk pegawai BUMN, mengambil cuti pada masa Natal dan Tahun Baru. Begitu pula dengan pegawai swasta diimbau tidak manfaatkan liburan Nataru untuk cuti.

“Akan tetapi, seyogyanya kalau tidak ada urusan yang primer dan mendesak, sebaiknya hindari bepergian pada Natal dan Tahun Baru,” kata Muhadjir.

Muhadjir optimistis implementasi kebijakan PPKM Level 3 untuk libur Natal dan Tahun Baru dapat berjalan baik di lapangan, mengingat semua kementerian dan lembaga sudah berpengalaman. Bahkan sekarang pun sudah mulai melakukan persiapan.

Simak Video “Sekda DIY Dukung Aturan PPKM Level 3 saat Nataru
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)





Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker