Foods

10 Rahasia Pola Makan Orang Jepang yang Bikin Panjang Umur


Jakarta

Banyak orang bercita-cita panjang umur. Hal ini bisa didapat dari pola makan yang tepat. Coba tiru 10 rahasia pola makan orang Jepang ini yang membuat mereka panjang umur.

Kunci utama dari panjang umur adalah menjalani pola hidup sehat. Urusan makananpun sebaiknya memilih ragam makanan bernutrisi agar kesehatan tubuh tetap terjaga dalam waktu lama.

Salah satu negara yang penduduknya terkenal banyak panjang umur adalah Jepang. Umur harapan hidup orang di sana pada tahun 2019 mencapai 90 tahun. Ada 2,31 juta orang di sana yang berhasil hidup mencapai angka tersebut.

Di dalam laporan yang sama, lebih dari 71 ribu orang di Jepang disebut sebagai centenarian alias orang yang berumur lebih dari 100 tahun. Tentu ada rahasia pola makan dan kebiasaan yang dilakukan orang Jepang sehingga bisa panjang umur.

Orang-orang mengenal rahasia ini sebagai diet Jepang. Beberapa bahan makanan sehat diketahui rutin dikonsumsi orang Jepang. Mulai dari seafood, kacang kedelai, makanan fermentasi, teh, dan ikan.

Diet Jepang disebut-sebut sebagai diet dengan nutrisi paling seimbang di dunia. Manfaatnya bukan hanya bikin panjang umur, melainkan juga bagus untuk kesehatan kulit.

Berikut 10 rahasia pola makan orang Jepang untuk panjang umur:

1. Makan pelan-pelan

Orang Jepang terbiasa mengunyah makanan hingga sempurna dan makan pelan-pelan. Kebiasaan ini juga membuat mereka punya lebih banyak waktu untuk berkomunikasi bersama keluarga atau teman-teman sambil makan.

Dari sisi kesehatan, mengunyah makanan dengan sempurna sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan.

2. Batasi porsi makan

10 Rahasia Pola Makan Orang Jepang yang Bikin Panjang Umur10 Rahasia Pola Makan Orang Jepang yang Bikin Panjang Umur Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel

Di Jepang, orang-orangnya percaya bahwa makan berlebihan tidak bagus. Mereka tidak rakus dan menganggap makanan dimakan untuk mengisi perut, bukan memuaskan selera.

Tak heran, kalau orang-orang Jepang makan makanan mereka di piring yang lebih kecil. Cara ini bisa membuat mereka merasa lebih cepat kenyang dan tidak tergoda menambah asupan kalori.

3. Rutin minum matcha

Rahasia panjang umur orang Jepang selanjutnya adalah rutin minum matcha. Mereka menjadikan teh hijau ini sebagai minuman sehari-hari.

Matcha diketahui punya sejuta manfaat sehat. Kandungan antioksidannya yang sangat kuat bisa menyehatkan tubuh sekaligus menjaga kecantikan kulit.



Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker