Foods

Resign dari Kerja, Pria Ini Sukses Jualan Rice Bowl Khas Manado

Jakarta

Walau banyak bermunculan kuliner kekinian, namun masakan tradisional tetap di hati. Terbukti, belakangan banyak pelaku bisnis kuliner yang mengemas menu menjadi lebih modern. Salah satunya Febrian Sumapraja, yang membuat inovasi rice bowl dengan lauk khas Manado yang praktis.

Sajian tersebut terbilang unik. Mengingat rice bowl biasanya menawarkan nasi dengan lauk ala Jepang seperti chicken karaage. Namun, rice bowl dengan menu masakan Indonesia ini tak kalah menarik perhatian.

Febrian mengatakan pada Juni 2021, ia memutuskan untuk resign dari pekerjaan yang telah ditekuni selama 7 tahun. Kemudian dia mendirikan usaha rice bowl dengan brand ‘wOKei’. Adapun rice bowl dipilih karena Febrian melihat potensi besar kuliner asli Indonesia.

“Saya melihat besarnya potensi kuliner di Indonesia, terutama di masa pandemi di mana orang harus di rumah tetapi harus tetap makan. Saya juga melihat kuliner asli Indonesia masih jarang sekali di online, dan jikalau ada, tampilan visualnya masih kurang menarik,” ujarnya kepada detikcom.

Dalam menjalani bisnis kuliner, Febrian turut mengajak tante yang memiliki keahlian memasak masakan Manado. Ia ingin bisa membantu sang tante yang kala itu sedang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi.

“Dulunya tante saya berjualan di kantin perkantoran, namun karena pandemi banyak kantor yang tutup sehingga kantinnya juga terpaksa tutup. Tante saya asli dari Manado dan sangat pandai memasak masakan Manado. Singkat cerita, karena saya melihat besarnya potensi kuliner Indonesia di dunia online dan juga ingin membantu tante yang sedang kesulitan selama pandemi,” jelas Febrian.

wOKei menawarkan aneka menu khas Manado yang menggugah selera. Salah satunya yaitu nasi dengan topping ayam woku yang nampol. Woku adalah bumbu legit asal Sulawesi Utara yang wajib dicicipi para pecinta masakan nusantara. Bumbu ini terbuat dari cabai, bawang, kunyit jahe, daun jeruk, dan daun bawang. Umumnya Woku digunakan untuk masakan seafood, seperti ikan dan udang. Namun, kini bumbu woku banyak dibuat untuk bahan makanan lain seperti ayam dan telur.

'wOKei' Hadirkan Rice Bowl dengan Cita Rasa Manado yang Nampol‘wOKei’ Hadirkan Rice Bowl dengan Cita Rasa Manado yang Nampol Foto: Dok. Instagram/@wokei.id

Di samping itu, tersedia juga hidangan ayam rica-rica yang super pedas. Ayam gurih ini dibalut bumbu cabai dan rempah-rempah lengkap. Supaya tambah menyegarkan, ayam ini juga dimasak dengan daun kemangi. Sehingga tidak heran bila aromanya sungguh menggoda selera. Berbagai menu lezat tadi bisa kamu coba dengan memesannya melalui Instagram @wokei.id ataupun platform pemesanan makanan online, seperti GoFood dan GrabFood. Harganya cukup terjangkau, karena 1 bowl menu dijual mulai Rp 34.800.

Meski terbilang baru, namun Febrian mengaku bisa menjual hingga 1.200 bowl setiap bulannya, lho. Dari jumlah tersebut, dia mengantongi omzet hingga Rp 50 juta. Adapun untuk pemasaran, Febrian menyebut dirinya fokus untuk memanfaatkan platform online.

“Kita fokus di visual dengan fotografi makanan untuk menarik customer. Kita juga membagikan makanan ke teman-teman terdekat agar mereka bisa memperkenalkan wOKei di social media. Kita juga ada referral program jika customer posting pesanan wOKei agar makin banyak yang mengenal. Kita juga ikut menyumbang makanan untuk panitia dan sukarelawan acara vaksinasi,” tukasnya.

Sebagai informasi, Febrian merupakan salah satu foodpreneur peserta program ‘Kembangkan Bisnis Kulinermu’. Acara ini digelar oleh detikcom bersama Kraft Heinz Food Service demi mendukung usaha kuliner Tanah Air agar bisa naik kelas.

(akd/odi)


Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker