Foods

4 Manfaat Yogurt, Makanan yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW


Jakarta

Yogurt merupakan makanan fermentasi yang berbahan dari susu. Ternyata yogurt merupakan makanan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Yogurt terbuat dari susu yang diproses dari fermentasi bakteri baik pada susu. Bakteri yang digunakan dikenal dengan sebutan ‘kultur yogurt’ yang berperan memfermentasi laktosa atau gula alami yang terdapat dalam susu.

Proses inilah yang menghasilkan asam laktat atau yang membuat protein susu menjadi kental dan mempengaruhi rasa dan tekstur yogurt. Untuk jenis susunya bisa menggunakan jenis susu apa saja.

Yogurt sebagai makanan yang menyehatkan juga diakui oleh Nabi Muhammad SAW. Berikut fakta menarik yogurt dalam Islam.

Baca Juga: 10 Makanan Sehat yang Jadi Favorit Nabi Muhammad SAW

1. Dianjurkan oleh Rasulullah SAW

4 Manfaat Yogurt, Makanan yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW4 Manfaat Yogurt, Makanan yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW Foto: iStock

Dalam haditsnya, Nabi Muhammad SAW pernah menganjurkan yogurt untuk dikonsumsi. “Aku tidak tahu sesuatu yang mencukupi dari makanan dan minuman selain susu,” (HR. At-Tirmidi).

Lebih lanjut, Nabi Muhammad SAW juga mengatakan bahwa yogurt dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Hal tersebut disampaikan dalam sebuah hadits:

“Allah senantiasa menurunkan penyakit dengan obatnya, maka minumlah oleh kalian susu sapi, karena ia (sapi) makan dari tiap pohon,” (HR. Ahmad).

Sementara itu dalam hadits lain, Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Minumlah oleh kalian susu sapi, karena susunya adalah obat, lemaknya adalah penyembuh dan dagingnya adalah penyakit,” (HR. At-Tirmidzi).

2. Khasiat dalam Ilmiah

4 Manfaat Yogurt, Makanan yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW4 Manfaat Yogurt, Makanan yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW Foto: iStock

Karena khasiatnya, Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk mengonsumsi yogurt. Khasiatnya yogurt tersebut juga sudah terbukti secara ilmiah.

Dalam buku berjudul ‘Buku Pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah’ karya dari dr Nadiah Thayyarah disebutkan bahwa susu merupakan makanan pertama yang dikonsumsi manusia sejak pertama kali lahir ke dunia.

Banyak ahli gizi yang berpendapat bahwa susu adalah makanan yang bisa mencukupi kebutuhan manusia tanpa makanan dan minuman lainnya selama jangka waktu tertentu.

Baca Juga: Masya Allah! Ini 4 Minuman Favorit Masya Allah! Ini 4 Minuman Favorit Nabi Muhammad SAW yang Menyehatkan


Simak Video “Bikin Laper: Kenikmatan Kupat Tahu Bumbu Kacang
[Gambas:Video 20detik]


Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker