Travel

Gunung Tidar yang Mirip dengan Bukit di Belakang Sekolah Nobita


Jakarta

Ingat nggak bukit yang ada di belakang sekolah Nobita? Konon bukit ini disebut-sebut mirip dengan Gunung Tidar di Magelang.

Kamu yang langganan menonton kartun Doraemon tentu tidak asing dengan sosok Nobita. Ingat nggak, saat pulang sekolah Nobita sering ke bukit yang ada di belakang sekolahnya. Pemandangan tersebut juga bisa kamu temukan di Magelang, lho.

Persis seperti bukit Doraemon yang berada di tengah kota, Gunung Tidar juga berada di jantung kota Magelang. Dengan lokasinya itu, membuat Gunung Tidar mudah untuk dijangkau dengan kendaraan.

Gunung Tidar tidaklah terlalu tinggi, sekitar 530 mdpl. Namun cerita mitos, legenda dan hal-hal mistis yang berhubungan dengan Gunung Tidar sangat melekat di masyarakat sekitar.

Gunung Tidar terkenal oleh masyarakat sekitar dengan wisata spiritualnya. Dikarenakan di kawasan Gunung Tidar terdapat beberapa makam dan petilasan, di antaranya makam Syekh Subakir, makam Kiai Sepanjang, makam Kiai Semar, dan petilasan Pangeran Purbaya dalam bentuk pohon beringin besar.

Salah satu legenda yang kental dengan Gunung Tidar adalah ada cerita gunung ini sebagai paku bumi. Dalam legendanya, pulau Jawa dulu bak kapal yang terombang-ambil oleh gelombang laut. Kemudian, dipercaya paku bumi itu berubah menjadi Gunung Tidar dan ditancapkan oleh dewa. Semenjak itu, Pulau Jawa dihuni bangsa jin dan manusia yang memiliki ilmu.

Gunung Tidar di MagelangGunung Tidar di Magelang (Eko Susanto/detikTravel)

Singkat cerita datanglah seorang berilmu tinggi dari Persia yang ingin menyebarkan Islam di tanah Jawa bernama Syekh Subakir. Dialah yang terlebih dahulu menancapkan tombak raksasa di Gunung Tidar untuk menyeimbangkan Pulau Jawa. Dan, juga sekaligus mengusir jin-jin yang berkuasa menyesatkan manusia.

Tombak pun berhasil tertancapkan dan bangsa jin yang terusir pun melarikan diri ke wilayah utara serta selatan Pulau Jawa. Sabdo Palon yang mengasuh Pulau Jawa kemudian muncul dan menantang bertarung Syekh Subakir.

Pertarungan ini berlangsung seri. Kemudian Syekh Subakir menjelaskan maksud kedatangannya yang ingin menyebarkan Islam. Dan Sabdo Palon paham lalu dia memberikan izin untuk niat Syekh Subakir.


Simak Video “Persiapan PPKM Level 2, Magelang Gelar One Day Tour
[Gambas:Video 20detik]




Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker