Travel

Kondisi Geografis Indonesia Sebagai Negara Maritim

Jakarta

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Selain negara kepulauan, Indonesia disebut juga negara maritim.

Indonesia disebut sebagai negara maritim karena sebagian besar wilayahnya adalah perairan.

Menurut data dari rujukan nasional data kewilayahan Republik Indonesia yang dikerjakan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Pusat Hidrografi dan Oseanografi (Pushidros) TNI Angkatan Laut luas total wilayah perairan mencapai 6,32 km² atau lebih besar dibanding luas daratan yang hanya mencapai 1,905 juta km².

Selain itu, lautan Indonesia diketahui sebagai wilayah Marine Mega Biodiversity terbesar di dunia. Sebab, laut Indonesia memiliki 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut, dan 950 spesies biota terumbu karang.

Letak geografis Indonesia dikenal sangat strategis karena berada di antara dua benua dan samudra besar dunia. Dikutip dari berbagai sumber berikut kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim:

1. Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Australia

2. Samudra Pasifik dan Hindia mengapit Indonesia yang merupakan negara kepulauan

3. Berada di antara pertemuan pegunungan Sirkum Pasifik dan Mediterania

Wilayah Indonesia

Wilayah Indonesia sendiri mencapai 1,905 juta km² yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Dikutip dari buku Pengetahuan Sosial karya Tri Nur Hadiyati, Indonesia disebut sebagai negara kepulauan karena wilayahnya terdiri dari pulau-pulau. Tercatat, ada sekitar 17.500 pulau yang dimiliki Indonesia.

Pulau-pulau tersebut dihubungkan oleh laut dan selat sehingga menjadi wilayah yang dikenal juga dengan nama Nusantara. Setiap wilayahnya bahkan memiliki keanekaragaman yang berbeda-beda.

Nah itu dia kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim.

Simak Video “ Jajal Jeep Gladiator di Trek Menantang
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)





Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker