Foods

5 Waktu Terbaik Minum Kopi, Jangan Langsung Ngopi Saat Bangun Tidur


Jakarta

Banyak orang langsung minum kopi saat bangun tidur. Alasannya agar lebih fokus dan berstamina, padahal waktu terbaik minum kopi selang beberapa jam setelah bangun tidur.

Aroma kopi yang hadir saat pagi hari memang membangkitkan semangat, tapi bukan berarti kamu bisa menikmati kopi langsung usai bangun tidur. Cara seperti ini justru akan membahayakan kesehatan.

Dilansir dari LiveStrong (25/11) para penggemar kopi sebaiknya sedikit bersabar ketika ingin menyeruput segelas kopi hangat di pagi hari. Hindari mengonsumsi secangkir kopi langsung ketika kamu bangun tidur.

Kylene Bogden seorang ahli kesehatan untuk Love Wellness, mengatakan, bagi orang yang tak punya masalah kesehatan saat minum kopi tak ada salahnya minum kopi ketika perut kosong. “Jika kopi membantu Anda merasa waspada dan fokus tanpa gangguan energi, ini biasanya pertanda baik. Jika Anda merasa cemas, gelisah, kelaparan, depresi, mual, atau sebagainya, maka tandanya Anda perlu mengatur waktu konsumsi kopi yang tepat.”

Untuk mendapatkan manfaat ekstrak dari kopi, bukan hanya jenis dan cara penyeduhan kopi saja yang penting, tetapi juga waktu konsumsinya. Kenali tubuh kamu sebelum memutuskan untuk langsung minum kopi setelah bangun tidur.

Berikut beberapa panduan waktu minum kopi yang tepat:

1. Minum kopi satu jam setelah bangun tidur

Kopi mengandung kafein dan stimulan yang dapat meningkatkan kadar kortisol. Kortisol adalah hormon dalam tubuh yang berperan untuk membantu mengatur metabolisme, sistem kekebalan tubuh, dan mengontrol gula darah.

Tingkat kortisol dalam tubuh secara alami melonjak dan mencapai puncaknya sekitar 30 hingga 45 menit setelah bangun tidur. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada Juni 2016, kortisol merangsang metabolisme dan efeknya membuat tubuh merasa lebih berenergi.

Untuk menghindari lonjakan kortisol yang besar, minumlah secangkir kopi sekitar satu jam setelah bangun tidur.


Simak Video “Kopi Trip: Ngopi sambil Edukasi di Alam Terbuka
[Gambas:Video 20detik]


Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker