Foods

Demi Masa Depan Kuliner Indonesia, Chef Stefu Luncurkan Buku Ini

Jakarta

Asosiasi Chef Indonesia peduli dengan masa depan kuliner Indonesia. Chef Stefu Santoso bersama anggotanya menerbitkan buku kuliner untuk menjadi sumber informasi bagi generasi penerus.

Selain sebagai profesi, menjadi seorang chef juga memegang tanggung jawab untuk menjaga kelestarian budaya kuliner. Tanggung jawab itu berupa meneruskan pengetahuan kuliner kepada generasi selanjutnya.

Kekayaan budaya kuliner Indonesia yang kaya, sangat disayangkan jika dibiarkan begitu saja tanpa perhatian khusus. Kepedulian inilah yang dirasakan oleh Chef Stefu Santoso selaku Advisor Association of Culinary Professional Indonesia sekaligus inisiator Buku Pengetahuan Dasar Kuliner.

Beranjak dari kepeduliannya terhadap informasi tentang pengetahuan dasar kuliner yang masih kurang lengkap, dirinya terpikirkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Chef Stefu juga cukup prihatin dengan keberlangsungan kuliner Indonesia yang akan diturunkan untuk generasi selanjutnya.

“Nanti kan saya yang digantikan anak-anak sekolah dan perguruan tinggi kuliner. Saya merasa sampai saat ini informasi yang diterima oleh para pelajar dan yang disampaikan pengajar masih kurang lengkap. Terlebih akhir-akhir ini banyak video yang berbagi pengetahuan dasar kuliner dengan salah dan saya maunya para pelajar ini mendapatkan informasi yang tepat untuk nantinya terjun ke lapangan,” kata Chef Stefu pada peluncuran Buku Pengetahuan Dasar Kuliner (24/11).

Baca juga: Food Vlogger Kena Getok Harga, Bayar Rp 500 Ribu untuk Kulit Babi Guling

Demi Masa Depan Kuliner Indonesia, Chef Stefu Luncurkan Buku IniDemi Masa Depan Kuliner Indonesia, Chef Stefu Luncurkan Buku Ini Foto: dok. Association of Culinary Professional Indonesia

Pada tahun 2016, Chef Stefu terpikirkan ide menerbitkan buku sederhana namun lengkap untuk menjadi wadah informasi bagi siapapun yang ingin belajar tentang dunia kuliner. Dibantu oleh rekan-rekannya dari tim Ikatan Praktisi Kuliner Indonesia, dirinya menjadi inisiator untuk menyusun materi yang akan dituangkan dalam buku tersebut.

“Saya mau basic aja, simple aja, makanya isi bukunya nggak ada resep. Semuanya tentang hal-hal dasar mulai dari pisau sampe peralatan memasak lainnya,” kata Chef Stefu.

Ingin bisa dinikmati oleh seluruh orang termasuk mereka yang awam, Chef Stefu bahkan sampai mengunjungi beberapa orang dan menanyakan apakah ada kesulitan memahami buku tersebut atau tidak? Mulai dari Robert Manan selaku pebisnis kuliner dan pemilik Manan Foundation hingga Yani Panigoro selaku Komisaris Medco Energy.

Setelah lima tahun penyusunan buku berjudul Buku Pengetahuan Dasar Kuliner, Chef Stefu mengungkapkan ada 1.000 buku yang akan dicetak dan dibagikan secara gratis. Sekolah-sekolah hingga perguruan tinggi kuliner menjadi target utama pendistribusian buku ini.

Baca juga: Viral Mie Instan Ini Dibilang Mie Goreng Terenak, Begini Rasanya

Demi Masa Depan Kuliner Indonesia, Chef Stefu Luncurkan Buku IniDemi Masa Depan Kuliner Indonesia, Chef Stefu Luncurkan Buku Ini Foto: dok. Association of Culinary Professional Indonesia

Pada acara peluncuran bukunya di Jakarta, Chef Stefu mengungkap ternyata bukan kota Jakarta yang jadi penerima pertama buku buatannya. Adalah SMK 5 Ambon dan SMK 1 Papua yang lebih dulu mendapat Buku Pengetahuan Dasar Kuliner kedua.

Tujuan dari pencetakan 1.000 eksemplar buku ini agar seluruh sekolah dan pendidikan tinggi kuliner Indonesia mendapatkan kesempatan menerima informasi yang sama. Tak hanya untuk mendidik para pelajar kuliner di Indonesia, ada keinginan untuk bisa mengembangkan budaya kuliner Indonesia menjadi lebih terkenal di mata dunia.

Kehadiran buku ini juga sekaligus untuk mendukung program Indonesia Spice Up the World yang memiliki tujuan untuk membawa budaya kuliner Indonesia lebih tinggi di ranah Internasional. Salah satu harapannya adalah restoran-restoran yang menyajikan masakan khas Indonesia lebih banyak dicari oleh orang-orang di luar negeri layaknya makanan Thailand dan makanan khas Cina.

“Semoga nanti dengan adanya program Indonesia Spice Up the World dan dibantu dengan Buku Pengetahuan Dasar Kuliner ini, makanan Indonesia bisa lebih dihargai di dunia. Layaknya makanan Thai atau Chinese, makanan Indonesia bisa dicari banyak orang di luar negeri,” kata Yani Panigoro.

Hingga saat ini sudah ada 15 sekolah menengah kejuruan yang menerima pendistribusian Buku Pengetahuan Dasar Kuliner. Tidak dicetak untuk diperjualbelikan, Chef Stefu mendedikasikan buku yang dirancangnya murni untuk pendidikan.

Baca juga: Tips Diet Shanty Denny yang Turun BB 14 Kg, Konsumsi 7 Makanan Ini

Simak Video “Pindang Daging Menggunakan Daging Australia ala Chef Stefu Santoso
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)


Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker