Travel

Ini Dia Faktor-Faktor Keberagaman Masyarakat Indonesia

Jakarta

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman. Tetapi, justru keberagaman inilah yang menjadi pengikat persatuan bagi masyarakatnya.

Mengutip situs Kemendikbud, Jumat (26/11/2021) keberagaman merupakan suatu kondisi dalam masyarakat yang di dalamnya terdapat banyak perbedaan. Ada beberapa bentuk keberagaman di Indonesia, mulai dari keberagaman suku, agama, ras, dan anggota golongan.

Semboyan Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tapi tetap satu bermakna; meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap satu kesatuan. Semboyan ini pun menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Lalu, apa saja faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia? Simak yang berikut ini

1. Letak strategis wilayah Indonesia

2. Kondisi negara kepulauan

3. Perbedaan kondisi alam

4. Keadaan transportasi dan komunikasi

5. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan

Keberagaman yang dimiliki masyarakat Indonesia tentu memiliki dampak positif dan negatif bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa, dan negara. Dampak positif dari keberagaman tentu memberi manfaat bagi perkembangan dan kemajuan. Sebaliknya, dampak negatifnya mengakibatkan ketidakharmonisan, bahkan perpecahan bangsa dan negara.

Nah untuk menghindari perpecahan akibat keberagaman yang ada, diperlukan sifat toleran dan tenggang rasa terhadap perbedaan dan kemajemukan di masyarakat. Sifat toleransi ini harus ditanamkan sejak dini agar dapat menerima perbedaan yang ada travelers.

Sikap dan perilaku toleransi ini lah yang menjadi kunci untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan. Tak lupa juga mencegah perpecahan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia. Setiap individu hendaknya mengaplikasikan perilaku toleran terhadap keberagaman suku, ras, agama, budaya dan antargolongan.

Jangan sampai Indonesia terpecah belah akibat isu-isu negatif. Ingat kata pepatah, bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.

Simak Video “Geliat Makassar Bangkitkan Pariwisata Sekaligus Pupuk Cinta Budaya
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)





Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker