Travel

Kengerian Museum Santet Cirebon, Isinya Artefak Dukun-dukun Sakti


Cirebon

Museum Santet di Cirebon menyimpan koleksi artefak-artefak berkekuatan gaib dari dukun santet dan praktisi spiritual. Berikut beberapa koleksinya:

Sudah dari sejak tahun 2004, Ustaz Ujang Busthomi bersilaturahmi dengan dukun-dukun santet dan praktisi spiritual dari berbagai daerah di pulau Jawa.

Dalam setiap kunjungannya, Kang Ujang, begitu dia akrab disapa, kerap mendapat ‘oleh-oleh’ dari para praktisi dan dukun itu, berupa artefak-artefak yang dipercayai memiliki kekuatan gaib.

“Sebagian pemberian dari praktisi-praktisi. Ada sebagian dari dukun santet. Ketika saya silaturahmi dan untuk ngetes-ngetes begitu. Ketika mereka kalah, ada yang diserahin, ada yang saya minta,” Kang Ujang mengisahkannya kepada detikTravel saat ditemui di Cirebon beberapa waktu lalu.

Total sudah ada 1.000 lebih artefak dari dukun santet yang sudah dikoleksi Kang Ujang. Sebagian artefak sudah dipajang di Museum Santet miliknya, namun masih banyak lagi yang masih tersimpan rapi di rumah.

Museum Santet CirebonMuseum Santet Cirebon Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Ada artefak yang berbentuk senjata pusaka, dari keris hingga tombak. Ada juga yang berbentuk benda pajangan seperti guci hingga patung.

Salah satu artefak yang paling berkesan bagi Kang Ujang adalah patung yang terbuat dari kayu ini. Bentuknya seperti manusia bersayap dan ada tempat kecil untuk membakar dupa atau kemenyan di bagian tengah patung.

Patung bersayap itu Kang Ujang dapatkan dari seorang dukun wanita sakti yang usianya sudah lebih dari 90 tahun dari Kuningan, Jawa Barat.

Menurut Kang Ujang, keistimewaan dari patung itu adalah, ketika sang dukun merapalkan mantra-manta, maka sayap patung itu akan hidup dan bisa terbang.

“Yang paling berkesan itu yang ada sayapnya itu. Nah, sayap itu kalau dia dibacain mantra sama dia, sayap itu akan gerak dengan sendirinya. Dari sayap itu akan keluar jin dan dia akan terbang,” cerita Kang Ujang.

Selanjutnya: Bisa Mencelakakan Orang





Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker